Rabu, 16 September 2015

Hati - Hati Transaksi Online



Kalian pasti sudah pernah atau setidaknya mengetahui tentang transaksi online di online store atau online market. Banyak keuntungan yang kita dapat melalui transaksi internet ini. Lebih mudah, lebih cepat, dan lebih praktis daripada transaksi konvensional.

Tapi hati-hati, jangan sampai tertipu dalam bertransaksi online. Karena aksi-aksi dari pihak tidak bertanggung jawab yang merugikan pengguna internet. Modus penipuannya juga bermacam-macam. Mulai dari penggunaan akun fiktif sampai menggunakan nama pihak lain.
Nah kali ini akan coba di ingatkan kembali beberapa tips untuk keamanan bertransaksi online.

1. Cari informasi
Cobalah untuk mendapatkan informasi tentang penjual sebelum berbelanja. Bisa melalui testimonial orang lain, atau melalui artikel-artikel lainnya. Pastikan kredibilitas online store atau online market yang ingin kamu jadikan tempat bertransaksi.

2. Verifikasi keamanan
Terkait dengan informasi, juga harus bisa memastikan tempat bertransaksi mu memiliki jaminan keamanan. Untuk transaksi di online market yang bisa diakses semua orang sebagai penjualnya, cobalah untuk menggunakan rekening bersama. Bila penjualnya mengaku mewakili pihak lain, coba pastikan ke pihak yang diwakilkan.

3. Metode pembayaran
Ini celah yang banyak digunakan untuk melakukan penipuan dalam transaksi online. Bila metode pembayarannya menggunakan rekening bank, maka pastikan rekening bank yang digunakan atas nama pihak penjual.

4. Teliti dan Bersabar
Kalau sudah lihat harga yang murah, atau tawaran menarik biasanya memang kita sering keburu nafsu. Jangan seperti itu, tetap pastikan tiga hal diatas untuk melindungi kita dari hal yang tidak diinginkan. Teliti dan sabar sedikit tidak ada salahnya.

5. Koneksi internet
Selain ke empat hal tersebut, juga harus pastikan koneksi internet yang kamu gunakan aman dari pencurian data. Lindungi data pribadimu yang terkait dengan data digital seperti user ID dan password. Cobalah untuk tidak menggunakan koneksi internet di tempat publik dan lindungi komputermu dengan antivirus


6. Gunakan Payment Gateway Terpercaya
Payment Gateway memudahkan kita dalam bertransaksi secara online salah satunya iPaymu yang merupakan salah satu Payment gateway terbesar di Indonesia yang terhubung dengan 137 bank dan mengutamakan keamanan bertransaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar